Dinas Perikanan Pemko Batam Terbitkan 600 Rekomendasi - Forum Nusantara

Breaking

Jumat, 30 Agustus 2019

Dinas Perikanan Pemko Batam Terbitkan 600 Rekomendasi

Dinas Perikanan Pemko Batam Terbitkan 600 Rekomendasi
Ilustrasi. Foto: batampos.co.id / azis maulana

Batam, Forumnusantara.com - Kepala Diskan Batam Husnaini mengakui bahwa pihaknya memang menerbitkan surat rekomendasi untuk memudahkan nelayan mendapat pasokan BBM. Berdasarkan data Diskan, hingga saat ini sudah ada 600 rekomendasi yang dikeluarkan kepada kelompok nelayan di Batam. Untuk mendapatkan surat rekomendasi, mereka harus terdaftar sebagai anggota nelayan dan membentuk kelompok minimal 10 orang nelayan.

“Ada kelompoknya. Jadi, usulan rekomendasi yang diakomodir benar-benar harus terdaftar baru bisa diproses,” sebutnya.

Surat rekomendasi yang dikeluarkan memiliki masa berlaku hingga dua bulan. Setelah itu wajib diperpanjang kembali ke dinas. Mengenai jumlah BBM yang didapatkan, tergantung mesin kapal yang digunakan nelayan. Masing-masing nelayan dibatasi 8 hingga 10 liter setiap harinya.

“Jadi, semua sudah diatur. Tidak sembarangan juga,” katanya.

Selain Diskan, rekomendasi serupa juga dikeluarkan oleh sejumlah dinas lain. Hanya saja, peruntukannya berbeda. Dinas Koperasi dan Usaha Menengah (DKUM) Batam, misalnya. Dinas ini mengeluarkan lima surat rekomendasi untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Mereka butuh untuk memutar mesin. Jadi, mereka mengusulkan rekomendasi ke kami,” kata Kepala DKUM Batam Suleman Nababan.

Masing-masing pelaku usaha membutuhkan BBM berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Suleman menyebutkan secara keseluruhan setiap bulannya kelima pelaku usaha tersebut mendapatkan 3.340 liter per bulan.

“Ada yang 90 liter hingga 1.000 liter per bulannya,” sebut mantan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Batam ini.

Untuk surat rekomendasi ini memiliki masa berlaku hingga tiga bulan. Setelah itu wajib diperpanjang. Ia menjelaskan, masing-masing pelaku usaha menggunakan surat rekomendasi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Hal senada juga diutarakan Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos PM) Batam Hasyimah. Surat rekomendasi yang dikeluarkan diperuntukkan bagi masyarakat yang tinggal di pulau.

Mereka mendapatkan BBM bersubsidi untuk menghidupkan mesin genset untuk penerangan. Karena di pulau belum teraliri listrik PLN. Selain itu surat rekomendasi juga dikeluarkan untuk panti asuhan yang sudah terdaftar di Dinsos PM. (yui)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar